6 Manfaat Bermain Sepak Bola yang Belum Kamu Ketahui



 http://sportinfopedia.blogspot.com/2017/05/6-manfaat-bermain-sepak-bola-yang-belum.html
Setiap olahraga pasti memiliki manfaat tersendiri, utamanya dalam hal kesehatan ya guys. Salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat dan banyak digandrungi oleh banyak kalangan adalah sepak bola, bisa dikatakan juga bahwa olahraga ini sangat merakyat dan bikin rame. Sebagian dari kalian yang suka main sepak bola, jika ditanya mengapa suka sama olahraga satu ini pasti jawabnya karena asyik, hobi, sehat, dll. Wkwk. Namun ternyata banyak manfaat yang mungkin belum kalian tahu loh guys, apa aja ya? Simak aja yaaa.

Meninggikan badan

Pada percaya nggak sih kalau main sepak bola bisa bikin tinggi? Tenang aja, itu bukan sekedar mitos kok guys. Jadi, sepak bola memang merupakan slah satu olah raga yang efektif untuk meninggikan bada, karena terdapat gerakan lari dan melompat sehingga tulang kaki terlatih dan dapat merangsang pertumbuhan. Menurut Riset di dalam Journal of Bone Mineral Research, disebutkan bahwa kepadatan tulang yang dimiliki oleh pria dengan rutinitas bermain sepak bola adalah 1,3 kali lebih tinggi dari pria lainnya, sehingga dapat meminimalisir terjadinya osteoporosis yang membuat badan membungkuk. So, buat kalian yang mau meninggikan badan tapi tidak bisa renang, cukup dengan olah raga sepak bola secara teratur saja, begitu pun jika tidak ingin badan menjadi bungkuk karena osteoporosis.

Kebugaran tubuh

Berbicara mengenai tingkat kebugaran, maka satu hal yang perlu diukur adalah jumlah volume dalam mengkonsumsi oksigen pada saat melakukan latihan. Cepat lambatnya kelelahan yang dialami seorang atlet pun dapat diperkirakan dari kapasitas aerobiknya atau biasa dikenal dengan sebutan VO2Max. oleh karenanya, semakin tinggi tingkat VO2Maxnya, maka atlet atau orang itu memiliki daya tahan dan stamina yang sangat baik. Dan salah satunya adalah dengan bermain sepak bola.

Memperkuat otot

Coba kalian perhatikan atlet-atlet sepak bola, ototnya kekar, bukan? Mengapa? Karena sepak bola memang dapat meningkatkan kekuatan otot, dari otot kaki, paha, perut, hingga dada, sehingga selain sehat juga dapat terhindar dari penyakit persendian.

Melatih konsentrasi

Konsentrasi merupakan hal yang tak dapat dipisahkan dari sepak bola. Sering kita mendengar apabila kita menonton pertandingan di televisi, maka komentator akan mengatakan kurangnya koordinasi dan konsentrasi lini belakang lah yang menjadi penyebab kebobolannya sebuah gawang. Oleh karenanya, sepak bola sangat melatih konsentrasi dan koordinasi yang tepat antara mata, pikiran, dan anggota tubuh yang bekerja agar tidak terjadi blunder yang tak diinginkan.
Menjaga badan agar tetap ideal

Dengan kompleksnya mobilitas pergerakan dalam sebuah permainan sepak bola, selain juga karena mengandung jenis olah raga aerobik, maka hal tersebut sangat baik untuk mencegah kegemukan. Yah, ada pula kegiatan lari dan melompat yang secara oomatis akan membakar kalori yang banyak dan jika dilakukan secara rutin, otomatis tubuh ideal akan didapatkan.

Bersosialisi/menambah teman

Siapa yang akan menyangkal hal satu ini, dengan anggota tim yang relatif banyak yakni 11 orang per tim, maka akan sangat disayangkan apabila relasi antar tim tidak terbentuk. Daripada menjadikan lawan di lapangan menjadi lawan pula di kehidupan nyata, lebih baik menjadikan mereka kawan di dunia nyata ini. Karena sepak bola kan notabenenya adalah sebuah permainan, bukan ladang permusuhan. Benar tidak guys? Siapa tahu jika nanti relasi-relasi yang banyak terbentuk dapat mendatangkan rezeki di kemudian hari. Semoga.
Share on Google Plus

About bola

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment