Tips Berolahraga Saat Puasa Agar Badan Tetap Ideal

http://sportinfopedia.blogspot.com/2017/05/tips-berolahraga-saat-puasa-agar-badan.html


Tahukah kalian bahwa sebenarnya puasa justru akan membuat badan naik jika tidak dibarengi dengan olahraga? Hal tersebut dikarenakan semakin tidak terkontrolnya nafsu makan saat berbuka puasa. Jangan khawatir untuk berolahraga di saat puasa, karena justru fungsi dari organ tubuh orang yang sedang berpuasa akan berjalan normal sehingga makanan yang dikonsumsi akan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Berbeda dengan orang yang tidak bertotlahraga yang cenderung makan sesuai dengan keinginan hawa nafsu semacam ‘balas dendam’ karena seharian menahan lapar karena tidak makan atau pun minum.

Bagi kalian yang memiliki berat badan yang bermasalah, momen puasa merupakan saat yang tepat untuk mengatasinya. Ya, apalagi kalau tidak dengan berolahraga saat puasa. Saat kita berolahraga, maka akan terjadi pembakaran energy cadangan yakni berupa lemak pada tubuh. Dengan demikian, kalian akan mendapatkan tubuh yang ideal dan kencang tanpa adanya lemak yang berlipat-lipat tentunya apabila momen puasa bisa benar-benar dimanfaatkan secara baik dan tepat ya.

Berikut tips berolahraga saat berpuasa:

Cukup lakukan olahraga ringan, tidak perlu olahraga berat

Kesehatan tubuh merupakan tujuan utama dari kegiatan olah raga. Karena dilakukan saat berpuasa, maka tidak perlu melakukan kegiatan olah raga yang terlalu berat karena akan menguras tenaga dan tubuh pun menjadi lemas bahkan karena keringat yang berlebih dapat menyebabkan dehidrasi, oleh karenanya, cukup dengan olahraga ringan saja, antara lain dengan melkukan peregangan (stretching) atau lebih dikenal dengan senam. Jika dirasa masih mampu untuk melakukan aktivitas lain, bisa dilanjutkan dengan jogging maupun jalan kaki selama 20 menit.

Berolahraga di waktu yang tepat yakni sore hari

Melakukan aktivitas fisik terlalu berat di pagi dan siang hari sangat tidak dianjurkan saat kita berpuasa karena tenaga yang dihasilkan dari makan sahur bisa habis ditengah perjalanan melaksanakan puasa. Sehingga berpotensi membuat tubuh lemas karena kelaparan, terlalu lelah, dan dehidrasi sebelum waktu berbuka puasa tiba. Oleh karenanya, menghemat tenaga di waktu pagi dan siang hari sangatlah dianjurkan namun kesalahan besar apabila dibuat untuk bermalas-malasan.

Itulah mengapa saat berpuasa, waktu yang tepat untuk berolahraga adalah pada sore hari yakni sekitar 30 – 60 menit sebelum waktu berbuka puasa. Karena pada saat itulah kalori yang ada dalam tubuh dan juga energi cadangan yang berupa lemak dapat dibakar. Untuk durasi olah raganya sendiri adalah antara 15 – 20 menit saja. semoga berhasil.
Share on Google Plus

About bola

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

1 comments: